Adhya Tirta Batam Official Website
 
Thu, 08 Dec 2022
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
SPARTA Smart Solution ATB, solusi pengelolaan air profesional

Info Grafis

Menjawab Kebutuhan Pelanggan, Dengan Produk Pelayanan Pelanggan Digital ATB

Dipublikasikan Pada : 27-JUN-2022 16:39:33,   Dibaca : 741 kali

BATAM - Perkembangan teknologi yang makin pesat menuntut penyesuaian di segala aspek kehidupan, terutama di bidang pengelolaan sumber daya yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Salah satu yang harus mulai menyesuaikan diri di era digital adalah sektor pelayanan air bersih.

Pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu jika tidak menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan membuka jalan digital untuk pelayanan, maka tidak hanya akan tertinggal tetapi kepuasan pelanggan juga akan menurun.

Untuk menjawab tuntutan tersebut, ATB dapat memberikan konsultasi dan pendampingan bagi PDAM untuk dapat melakukan sejumlah perbuhana terkait pelayanan pelanggan di era digital. Dengan inovasi yang tepat, pelayanan bisa dilakukan dengan efektif dan efisien.

Apa saja yang dapat didampingi ATB untuk membangun pelayanan pelanggan digital? Berikut ulasannya:

Pengelolaan Media Sosial dan Website
Media sosial dan website merupakan tools yang berguna untuk melakukan banyak hal. Pelanggan dapat melakukan pengaduan atau menyampaikan keluhan tanpa harus repot datang ke kantor. Cara ini menjawab salah satu isu utama pelayanan pelanggan era digital yang sering muncul, yaitu efisiensi komunikasi.

Dengan adanya media sosial dan website, pelanggan bisa menyampaikan pengaduan dengan lebih mudah dan cepat, sehingga PDAM pun dapat merespon dengan lebih baik. Informasi terkait dengan PDAM juga lebih mudah didapatkan melalui media sosial website resminya.


Cara ini akan mempercepat komunikasi antara PDAM dengan masyarakat yang menggunakan layanannya. Sehingga diharapkan kepuasan pelanggan meningkat karena sistem pelayanan pelanggan era digital yang sudah disesuaikan dengan zaman dan perkembangan teknologi.

Informasi dan Pembayaran Online
Tidak hanya berguna sebagai tempat menyampaikan pengaduan, media sosial dan website juga dapat menyajikan berbagai informasi lain. Mulai dari mendaftar sebagai pelanggan, hingga mengetahui tagihan rekening yang perlu dibayarkan.

Lebih jauh lagi apabila informasi sudah disediakan secara digital dan melalui media online, pembayaran yang ada juga bisa dilakukan dengan lebih mudah. Pelayanan masyarakat era digital dengan menggunakan perkembangan teknologi tidak hanya memudahkan pelanggan dalam menunaikan kewajibannya, tetapi juga memudahkan pihak PDAM untuk memenuhi hak-hak pelanggannya.

Aplikasi Pendukung
Tidak hanya menggunakan media sosial dan website untuk mengoptimalkan pelayanannya, PDAM juga dapat merancang aplikasi yang bisa digunakan oleh karyawan maupun pelanggannya.

Aplikasi dinilai lebih efektif dalam melakukan banyak hal, mulai dari pendaftaran, penyampaian pengaduan, pencarian informasi, bahkan pembayaran yang bisa dihubungkan dengan banyak metode pembayaran.

Aplikasi yang dikembangkan juga mempermudah karyawan untuk melakukan pelayanan pelanggan era digital tanpa harus menunggu penyampaian lisan secara langsung. Lebih jauh lagi tidak hanya pelayanan pelanggan saja yang terdorong, tetapi juga koordinasi antar bagian pegawai PDAM juga menjadi lebih efektif dan efisien.

Dampak Pelayanan Pelanggan Secara Digital

Pelayanan publik era digital sesuai zamannya, membawa banyak dampak positif untuk PDAM. Diantaranya adalah, PDAM dapat menerima permasalahan pelanggan yang lebih cepat, sehingga bisa diatasi dengan cepat pula. Akibatnya, kepuasan pelanggan cenderung meningkat daritahun ke tahun. Karena permasalahan bisa diatasi tanpa harus melalui proses yang panjang dan bertele-tele.

Selain itu, pelayanan pelanggan yang memanfaatkan layanan digital membuat program layanan menjadi tepat sasaran. PDAM dapat merancang program sesuai dengan kebutuhan pengguna layanannya. (*)


Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam