Adhya Tirta Batam Official Website
 
Sat, 20 Apr 2024
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
SPARTA Smart Solution ATB, solusi pengelolaan air profesional

Info Grafis

Keunggulan Teknologi ATB Mampu Tingkatkan Kinerja Industri Air Bersih

Dipublikasikan Pada : 12-JUL-2022 09:41:21,   Dibaca : 2509 kali

BATAM - Dalam dekade terakhir, bisnis di seluruh industri telah menyaksikan pertumbuhan teknologi di berbagai sector, termasuk di industri air bersih. PT Adhya Tirta Batam (ATB) adalah perusahaan yang secara aktif mengembangkan teknologi di sector tersebut.

ATB telah berhasil mengembangkan dua teknologi unggulan yang mampu mendongkrak kualitas pelayanan air bersih. Diantaranya adalah SPARTA Smart Solution, dan AIRS Smart Service. Dua teknologi ini telah membawa ATB meraih banyak pencapaian terbaik di bidang pengelolaan air bersih.

"Salah satu teknologi ATB, SPARTA Smart Solution bahkan telah mendapat Paten dari Kementerian Hukum dan HAM RI," ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus.

Lalu, bagaimana teknologi milik ATB ini mampu mendorong peningkatan kualitas pelayanan air bersih di Indonesia? Berikut beberapa faktanya:

Proaktif dan Prediktif
Masih banyak perusahaan yang menerapkan metode tradisional yang reaksioner. Dimana tindakan baru dilakukan setelah terjadi peristiwa tertentu. Kondisi ini membuat pelanggan terlanjur mendapat imbas, sebelum perusahaan melakukan tindakan terhadap kondisi tertentu. Namun, teknologi ATB memungkinkan perusahaan memiliki kemampuan pemeliharaan prediktif, melalui pemantauan kinerja system.

SPARTA Smart Solution dan AIRS Smart System dapat secara proaktif memberikan informasi tentang potensi penghentian atau perbaikan yang diperlukan dengan mengidentifikasi saat parameter tertentu di luar toleransi. Sistem ini memainkan peran penting dalam memantau setiap aspek dalam Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) secara menyeluruh, menyederhanakan perbaikan dengan memberi informasi sebelum masalah meningkat menjadi perbaikan skala besar.

Evaluasi Ulang Proses Diagnostik
Pada umumnya, petugas lapangan perlu turun langsung untuk melakukan diagnosa bila terjadi masalah pada perangkat yang ada di lapangan. Namun, dengan teknologi yang dimiliki  ATB, perangkat yang dipasang di lapangan dapat melaporkan status secara mandiri ke jaringan digital dan memberikan penilaian yang lebih lengkap tentang masalah yang dihadapi. Fungsi cerdas ini membantu petugas menghemat waktu dengan melakukan perbaikan secara strategis dan dengan suku cadang yang tepat pada kunjungan pertama mereka, alih-alih mencoba mendiagnosis malfungsi yang tidak teridentifikasi.

Peningkatan Kinerja Tenaga Kerja
Pemanfaatan teknolog juga membangu membantu ATB dalam hal mengotomatiskan penjadwalan dan efisiensi kerja lainnya. ATB dapat mengirimkan petugas terdekat untuk menyelesaikan masalah di lapangan. Tentu saja ini akan menghemat waktu dan biaya, serta meningkatkan pemanfaatan tenaga kerja.

Peningkatan Profitabilitas dan Pendapatan

Air bersih merupakan kebutuhan publik. Karena itu, perusahaan pelayanan public yang dipercaya menangani air berish harus mengutamakan pelanggan. Sejumlah penelitian menunjukkan, kecepatan menjadi factor sangat penting bagi pelanggan. Untuk itu, diperlukan alur kerja layanan yang efektif, efisien dan professional.

Sistem cerdas milik ATB memungkinkan BUMD Air Minum untuk melakukan pengambilan keputusan berbasis data. Pasalnya, kedua system ini dapat mengakomodir kebutuhan secara real time. Dengan demikian, alur kerja layanan akan semakin efektif, efisien dan profesinoal, serta dapat menghemat waktu, uang dan sumber daya.

Era Baru
Teknologi merevolusi cara industri pelayanan pelanggan beroperasi. Mulai dari diagnosis, perbaikan, komunikasi antar perangkat hingga di lini layanan pelanggan. Perusahaan pelayanan pelanggan yang ingin maju harus mempertimbangkan untuk memanfaatkan teknologi untuk memfasilitasi pemeliharaan prediktif dan manajemen layanan jarak jauh, sehingga dapat menuai manfaat jangka panjang, guna meningkatkan hubungan pelanggan dan membangun kesuksesan finansial jangka panjang. (*)


Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam