Adhya Tirta Batam Official Website

CSR

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 04-JUL-2017 ,   Dibaca : 11188 kali
PT Adhya Tirta Batam (ATB) tidak hanya berorientasi pada profit. Kami juga peduli pada masyarakat Kota Batam. ATB rutin mengadakan berbagai program tanggung jawab sosial. Ada lima bidang Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin kami jalankan, yaitu:

1. Pendidikan
Setiap tahun, ATB memberikan beasiswa berprestasi bagi siswa SMA/SMK dan perguruan tinggi. Program tersebut sudah kami jalankan sejak 2011 lalu. Bila di total, hingga 2018 lalu, kami sudah menggelontorkan dana beasiswa hingga Rp1.040.500.000 untuk 356 siswa dan mahasiswa. Tahun Ajaran 2018/2019 ini, ATB juga sudah menganggarkan dana Rp160.500.000 juta untuk membantu 37 siswa SMASMK dan 17 mahasiswa berprestasi.
Selain beasiswa, untuk CSR Bidang Pendidikan ATB juga setiap tahun rutin mengadakan Lomba Cerdas Cermat dan Kreasi Jingle ATB untuk tingkat SD dan SMP se-Kota Batam. Acara yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Batam tersebut diadakan setiap bulan Oktober untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

2. Lingkungan
Sebagai bentuk kepedulian kami turut serta menjaga kelestarian lingkungan di Kota Batam, ATB rutin mengadakan penanaman pohon. Sejak dilakukan pada 2011 lalu, sudah ada 10.700 pohon yang kami tanam di wilayah resapan air.
Selain melakukan penanaman pohon di wilayah resapan air, ATB juga melakukan penanaman pohon di fasilitas umum dan sekolah. Setiap tahun setidaknya ada 1.000 pohon yang kami tanam untuk membantu kelestarian lingkungan di Kota Batam. Penanaman pohon tersebut umumnya dilakukan ATB setiap pertengahan tahun untuk memeriahkan Hari Bumi yang diperingati setiap 22 April dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni.

3. Kesehatan
ATB rutin melakukan program tanggung jawab sosial perusahaan di Bidang Kesehatan dengan melakukan donor darah. Bekerjasama dengan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam, kami menghimpun kantung darah darah dari masyarakat Batam tiga kali dalam setahun.
ATB melakukan donor darah pada awal, pertengahan, dan akhir tahun. Sumbangan darah tersebut tidak hanya berasal dari karyawan, pelanggan dan relasi ATB, namun juga dari pelajar SMA/SMK maupun perguruan tinggi.
Kegiatan donor darah tersebut dilakukan ATB untuk membantu ketersediaan darah di PMI, sehingga secara tidak langsung membantu masyarakat Batam.

4. Sosial
Setiap bulan, ATB  memberikan bantuan kepada masyarakat Batam yang mengalami sakit berat dari kalangan kurang mampu. Bantuan yang kami berupa uang tunai untuk  meringankan biaya pengobatan penderita. Sejak dijalankan pada 2011 lalu, ATB sudah  membantu sekitar 203 warga Batam yang mengalami sakit berat menahun, seperti hydrocephalus, kanker nasofaring, kanker payudara, kanker getah bening, stroke, kanker hati dan beragam penyakit berat lainnya.
Selain bantuan uang tunai, setiap Ramadhan ATB juga memberikan bantuan paket sembako setiap menjelang idul Fitri kepada masyarakat Batam yang kurang mampu. Sejak dijalankan mulai 2011 lalu, ATB sudah memberikan 3.570 paket sembako dengan nominal sekitar Rp557.928.500 kepada masyarakat Batam yang tersebar di berbagai titik. Setiap menjelang Idul Adha kami juga rutin membagikan hewan kurban berupa sapi kepada masyarakat yang membutuhkan melalui masjid di Kota Batam.

5. Olahraga
ATB rutin mengadakan ATB Cup Futsal Championship sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan di bidang olah raga. Sejak 2011, kami rutin m