Adhya Tirta Batam Official Website
 
Wed, 17 Apr 2024
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
SPARTA Smart Solution ATB, solusi pengelolaan air profesional

Info Grafis

Dam Harapan Mulai Terisi Air Baku

Dipublikasikan Pada : 17-MAY-2019 11:33:56,   Dibaca : 2426 kali

*Penggiliran Setiap Rabu dan Sabtu masih Berlanjut  

Curah hujan yang turun beberapa hari terakhir di Batam cukup menambah level air baku Dam Harapan. Level air Dam Harapan mulai meningkat meski belum dalam kondisi aman. Penggiliran air dari IPA Harapan masih tetap berjalan setiap pekannya.

"Intensitas hujan yang turun akhir-akhir ini sebagai awal yang bagus, Dam Harapan sudah mulai terisi, namun masih belum dalam batas aman untuk dihentikan rationing. Kita berharap curah hujan turun lebih banyak di area Dam," jelas Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB, Jumat (17/5).

Dam Harapan saat ini kondisinya masih minus, level air baku di Dam Harapan Saat ini masih berada di level minus -145 centimeter dari permukaan spillway. Penghentian rationing belum bisa dilakukan mengingat kondisi Dam belum dalam perfoma baik.      

"Rationing dihentikan apabila Dam Harapan sudah mulai pulih, ditambah lagi intensitas hujan cukup tinggi di area Dam juga diperlukan," harap Maria.
 
Program penggiliran air bersih masih tetap berlangsung setiap pekannya yakni Sabtu dan Rabu. Selama penggiliran berlangsung IPA Harapan tidak berproduksi selama 24 jam mulai pukul 00.00-24.00 WIB.

"Kami tetap menghimbau pelanggan untuk tetap berhemat dan bertoleransi menggunakan air selama penggiliran," harap Maria.

Pelanggan diharapkan lebih memahami saat proses penggiliran berlangsung. Proses normalisasi suplai air tidaklah sama dengan listrik, sehingga membutuhkan waktu.   

"Suplai air mengalir akan membutuhkan waktu, hal ini menyebabkan suplai air terkadang tidak sesuai jadwal ke pelanggan, apalagi wilayah pelanggan yang jauh dan berada di daerah ujung pipa," tambah Maria

Mengurangi potensi lamanya air tidak mengalir ke pelanggan di ujung pipa atau di lokasi tinggi, adalah dengan bertoleransi memakai air. Agar pelanggan lainnya yang berada di ujung pipa dan elevasi tinggi tetap bisa menggunakan air.    

"Kami selalu menghimbau ke pelanggan agar berhemat memakai air bersih, gunakan air seperlunya bukan secukupnya. Lebih penting lagi bisa bertoleransi menggunakan air bagi pelanggan lainnya," utup Maria.

Rationing diberlakukan bukan untuk membatasi pelanggan menggunakan air. Namun mengingatkan pelanggan untuk dapat mensiasati penggunaan air agar lebih hemat.

Krisis air bukan kesalahan produksi dan pendistribusian air bersih dari ATB. Namun karena berkurangnya jumlah air baku akibat volume air di dam menyusut. Bertoleransi dalam menampung dan menggunakan air seperlunya, bukan secukupnya. (Corporate Secretary)


Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam