Adhya Tirta Batam Official Website
 
Thu, 08 Dec 2022
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
SPARTA Smart Solution ATB, solusi pengelolaan air profesional

Info Grafis

Wujudkan Pelayanan Pelanggan Kelas Bintang Lima di PDAM Bersama ATB

Dipublikasikan Pada : 27-MAY-2022 13:43:35,   Dibaca : 1181 kali

BATAM - Konsep pelayanan pelanggan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) harus didorong untuk memenuhi kebutuhan era kekinian. Saat ini, pelayanan pelanggan di PDAM harus mampu setara dengan kualitas bintang lima.

 

Head of Corporate Secretary PT Adhya TIrta Batam (ATB), Maria Jacobus mengungkapkan, kepuasan pelanggan turut mengalami pergeseran besar di era digital. Hadirnya teknologi membuar pelanggan tidak lagi puas dengan pelayanan konvensional.

 

"Mereka mengharapkan respon cepat, baik dalam menyampaikan keluhan, mengakses informasi, atau melakukan transaksi," ujar Maria.

 

Perilaku, ekspektasi dan cara pandang konsumen dengan tuntutan yang berevolusi ini juga menuntut perusahaan cepat beradaptasi. Agar pelanggan tetap semakin terhubung dan tetap merasakan kenyamanan dengan pelayanan prima.

 

"Faktor pelayanan prima menjadi harga mutlak. Jika perusahaan gagal menyesuaikan diri, maka akan ada konsekuensi berat yang menanti," jelas Maria.

 

Itulah mengapa konsep pelayanan pelanggan tidak boleh lagi hanya pelayanan normatif. Dimana pelanggan  datang, menyampaikan keluhan, keluhan ditangani, kemudian selesai. Namun harus mampu menciptakan "Moment of Truth", dimana setiap titik sentuhan, menciptakan perasaan positif yang berkesan.

 

"Konsep inilah yang mestinya diimplementasikan perusahaan. Pelayanan khas bintang lima," ungkapnya.

Untuk mencapai level tersebut, PDAM butuh merancang manajemen hubungan pelanggan yang ideal. Yakni yang mampu memberikan pengalaman pelanggan yang positif. Kondisi ini akan membuat pelanggan menjadi puas dan semakin setia kepada perusahaan.

 

ATB sendiri, lanjut Maria, telah memiliki manajemen pelayanan pelanggan yang mapan. Melalui system ini, ATB terbukti mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan selama perusahaan  melayani kebutuhan air bersih di kota Batam.

 

Hal ini dibuktikan melalui hasil riset yang  diadakan oleh Kantar Taylor Nelson Sofres (TNS), yang menyatakan tingkat kepuasan pelanggan ATB ada di skor indeks 71. Lebih tinggi dari rata-rata skor indeks perusahaan utilitas di Asia.

 

Artinya ATB bekerja dengan fokus kepada kebutuhan pelanggan. Perusahaan yang mengetahui pentingnya Customer Orientation akan lebih mengetahui keinginan dan kebutuhan para pelanggan.

 

Saat ini, ATB akan membagikan Sistem Manajemen Pelayanan Pelanggan yang telah  teruji tersebut kepada PDAM di Seluruh Indonesia  melalui berbagai program. Beberapa diantaranya adalah program Capacity Building dan Technical Assistance.

 

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program Capacity Building dan Technical Assistance ATB, dapat menghubungi Marketing Communication kami di 08126106116 (Tatot), atau di 08117003272 (Donna). Anda juga dapat menghubungi kami melalui email: corporate.secretary@atbbatam.com. (*)


Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam