Adhya Tirta Batam Official Website
 
Thu, 18 Apr 2024
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
SPARTA Smart Solution ATB, solusi pengelolaan air profesional

Info Grafis

Ini Tiga Langkah Memeriksa Kebocoran Pipa Jaringan Dalam Pelanggan

Dipublikasikan Pada : 28-JUN-2018 15:48:40,   Dibaca : 3022 kali

Kebocoran pipa jaringan dalam, harus diwaspadai setiap pelanggan air bersih ATB. Sudahkah  Anda mengetahui jaringan pipa setelah meter air sepenuhnya menjadi tanggung jawab pelanggan?

Maka apabila, terjadi kebocoran air di pipa jaringan dalam, pelanggan yang sepenuhnya akan menanggung dampak dari kebocoran pipa tersebut.

Pelanggan bertanggung jawab menanggung tagihan air yang terbuang dan perbaikan kebocoran pipa tersebut.

"Apabila terjadi kebocoran pada jaringan pipa pelanggan setelah meter, air bersih yang terbuang akibat kebocoran pipa tersebut akan ditagihkan kepada pelanggan," jelas Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB, Rabu (27/6).

Pelanggan yang enggan membayar tagihan tersebut, karena merasa tidak menggunakan air yang merembes akibat bocor, akan dihentikan aliran airnya oleh ATB.

ATB berhak menghentikan aliran air kepada pelanggan tersebut sementara, hingga pelanggan melunasi tagihan yang dibebankan

"Meski air bersih tersebut terbuang sia-sia, pelanggan tetap dianggap menggunakan air tersebut. Kami kembali mengingatkan bahwa pipa jaringan dalam sepenuhnya menjadi tanggung jawab pelanggan. Sehingga, jika terjadi kebocoran pipa di jaringan dalam, dianggap menjadi kelalaian pelanggan," tambah Enriqo.

ATB selalu mengimbau pelanggan untuk memeriksa pipa jaringan dalam secara berkala, karena memelihara jaringan pipa setelah meter air, merupakan tanggung jawab setia pelanggan air bersih ATB.

Ini tiga langkah sederhana yang harus dilakukan, guna lebih cepat mengetahui, apabila terjadi kebocoran :
- Tutup seluruh keran air yang ada di dalam rumah. Kemudian, pelanggan dapat mengatur posisi valve meter dalam posisi on atau terbuka.

- Perhatikan jarum hitam pada meteran air. Apabila berputar, saat seluruh keran telah ditutup, hal itu berarti terdapat kebocoran dalam jaringan pipa pelanggan.

- Maka langkah ketiga adalah segera mencari sumber kebocoran untuk menghindari pemborosan air. Pelanggan dapat segera melakukan perbaikan.

Tim ATB akan membantu mencari lokasi titik kebocorannya. Namun, untuk perbaikan termasuk biaya pengerjaan dan pekerjanya, tetap menjadi tanggung jawab pelanggan.

Hal berikut ini juga perlu menjadi perhatian pelanggan, agar terhindar dari tagihan air yang terbuang oleh karena kebocoran jaringan dalam pelanggan :

Pastikan pemasangan pipa jaringan dalam rumah atau bangunan yang ditempati. Lakukan pengecekan pipa, agar dipasang dengan baik. Sehingga, resiko kebocoran dapat diminimalisir.

Bila mencurigai ada kebocoran jaringan dalam, dapat menelepon call centre kami di nomor 0778-467111. Pelanggan dapat juga, datang langsung ke kantor pelayanan kami untuk informasi lebih lanjut.

Pelanggan ATB, dengan rutin melakukan pemeriksaan, Anda dapat mengetahui apakah ada pipa yang mengalami kerusakan atau kebocoran. Guna terhindar dari pemborosan, meski dalam pemakaian normal. (Corpcomm)



Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam