Sat, 23 Jun 2018
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
Layanan ATB Mobile hadir di GOR Bandara, Lap Bola Tanjung Uma, Pasar BBC Dapur 12, pasar Fanindo Tanjung Uncang.
ATB Raih TOP Perusahaan Air Minum Terbaik dan TOP CEO Perusahaan Air Minum Terbaik dari TOP BUMD 2018.
Pembayaran tagihan air ATB bisa dilakukan di Indomaret serta Bank Bukopin
Bayarlah tagihan anda sebelum tanggal 20 setiap bulannya agar terhindar dari denda keterlambatan dan penghentian aliran air bersih.

Info Grafis

Mahasiswa Kami Jadi Tahu Bagaimana ATB Mengolah Air Bersih

Dipublikasikan Pada : 09-MAY-2018 17:56:48,   Dibaca : 240 kali

Guna mendapatkan informasi dan wawasan seputar pengolahan air bersih dari ATB Batam, perwakilan mahasiswa Teknik Sipil UIB Batam berkunjung ke ATB Batam. Kunjungan berlangsung di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Duriangkang, Rabu (9/5).

Sejumlah mahasiswa cukup antusias mengikuti visit edukasi. Informasi seputar ATB secara umum di perkenalkan termasuk proses produksi air dari ATB.

Yaya Zakaria, Superintendent Supervisor Produksi ATB memberikan materi presentasi secara teori dan dilanjutkan dengan meninjau langsung ke lokasi produksi.

"Air bersih di Batam hanya mengandalkan dam-dam yang tersedia. Dam tersebut hanya mengandalkan curah hujan, di Batam sumber air sangat terbatas," jelas Yaya dihadapan mahasiswa.

Pertemuan juga diisi dengan diskusi serta tanya jawab seputar ATB. Dari sejumlah mahasiswa juga menanyakan bagaimana ATB menjaga serta melakukan perawatan pipa ATB.

"Bagaimana ATB melakukan perawatan ke pipa-pipa yang ada pak, dari sekian banyak pipa yang ada?," ujar Kevin.

Menanggapi hal tersebut, Yaya menjelaskan ATB secara berkala melakukan perawatan pipa dengan melakukan flushing. Flishing terutama untuk pipa-pipa lama yang terbuat dari steel. saat ini rata-rata pipa yang di gunakan sudah menggunakan pipa PE yang bisa bertahan puluhan tahun.

Kesempatan tersebut mahasiswa lain juga menanyakan bagaimana alternatif air bersih kedepannya untuk melayani penduduk Batam apabila pertumbuhan penduduk semakin bertambah, sedangkan sumber air hanya mengandalkan curah hujan.

"Kewenangan penyediaan air baku ada di pemerintah, ATB hanya sebagai operator pengolah air bersih. pemerintaha sudah mewacanakan pemanfaatan air limbah dan instalasinya sudah ada di kawasan Bengkong," jelas Yaya menambahkan.

Mahasiswa diajak melihat langsung proses produksi air di IPA Duriangkang, pemahaman mereka mualai terasa saat berkunjung langsung. Bahkan banyak dari mereka yang melontarkan pertanyaan.

Novia Mahlisani Sekretaris Program Studi Teknik Sipil UIB merasakan manfaat dengan kunjungan yang dilakukan ke ATB. Hal tersebut juga berhubungan dengan mata kuliah rekayasa lingkungan

"Kunjungan ke ATB ini masuk dalam salah satu mata perkuliahan rekayasa lingkungan, khususnya pengolahan air yang dilakukan ATB. Setelah dari sini mahasiswa akan kita diberi tugas apa yang telah di dapat selama kunjungan, kami jadi lebih faham bagaimana mengolah air bersih yang selama ini di gunakan sehari-hari," ucap Novia

Dengan kunjungan ini diharapkan mahasiswa yang ikut bisa mengerti lebih detail proses produksi air ATB. Lebih dari itu, dengan sumber air yang sangat terbatas, mahasiswa bisa dapat manfaat untuk lebih menghemat penggunaan air dengan menggunakan air seperlunya. (Corporate Communication / Yusuf)   



Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam