Adhya Tirta Batam Official Website

Pemda dan DPRD dari Berbagai Daerah Ramai-ramai Datangi ATB. Ada apa?

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 18-FEB-2020 08:36:50,   Dibaca : 7983 kali
BATAM - Keberadaan PT Adhya Tirta Batam (ATB) di Kota Batam jadi acuan pengelolaan air terbaik  bagi sejumlah perusahaan air minum di Indonesia. Inovasi teknologi industri 4.0 dan tata kelola air ATB efisien telah menjadi keunggulan yang ingin ditiru oleh daerah lain di Indonesia.
 
"Pengelolaan air di Batam adalah telah diakui sebagai yang terbaik. Sehingga berbagai daerah di Indonesia bersemangat untuk belajar ke Batam," ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus Selasa (18/2).
 
ATB telah menerima lebih dari 30 kunjungan setiap tahunnya. Kunjungan tersebut mulai dari PDAM, DPRD, Pemerintah Daerah hingga perguruan tinggi terkemuka di dalam negeri. Mereka menjadikan ATB sebagai rujukan untuk studi banding pengembangan sistem pengelolaan air bersih yang andal.
 
Tidak hanya dari dalam negeri, sejumlah negara sahabat juga turut menyambangi perusahaan air bersih yang berbasis di Kota Batam ini. Sebut saja seperti negara China, Afrika Selatan, Korea, Malaysia, Timor Leste dan banyak lainnya.
 
"ATB telah menjadi benchmark perusahaan air minum yang modern di Indonesia dengan pengelolaan yang terbaik, efisien dan profesional," ujarnya.
 
Saat ini ATB menjadi satu-satunya perusahaan air di Indonesia yang telah menerapkan sistem pengelolaan air berbasis inovasi teknologi terintegrasi. Sistem ini dikenal sebagai Smart Water Management System. Dibangun secara mandiri oleh ATB sejak tahun 2012 lalu.

Sistem ini terus dikembangkan dan disempurnakan guna mendukung peningkatan layanan pelanggan.  Mulai dari pengembangan menggunakan otomatisasi, teknologi cyber, hingga pemanfaatan Internet of Things (IoT) dan Big Data Analysis.
 
"Jadi keunggulan ATB adalah memiliki sistem yang terintegrasi dari hulu ke hilir. Kami juga sudah menggunakan kendali jarak jauh untuk pengontrolan proses pengolahan air, distribusi dan pemantauan kebocoran," lanjut Maria.
 
Selain itu, ATB juga memiliki teknologi AIRS atau ATB Integrated Information System berbasis Enterprise Resource Planning (ERP). AIRS milik ATB merupakan sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi.
 
"Sistem AIRS ini membantu ATB memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan. AIRS berkaitan dengan pelayanan kepada pelanggan, ini dua teknologi unggulan di ATB saat ini," jelas Maria.
 
Banyak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Indonesia ingin mengaplikasi konsep dan sistem yang dijalankan ATB. Salah satunya datang dari pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Bupati Samosir, Rapidin Simbolon bersama sejumlah SKPD berkunjung ke ATB guna melihat langsung pengelolaan air di perusahaan ini.
 
Rapidin dan jajarannya kagum dengan implementasi pengelolaan air bersih yang dilakukan ATB. Perusahaan ini mampu mengelola sumber air yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Batam yang terus bertumbuh.
 
"Saya telah melakukan survei  ke sejumlah perusahaan pengelolaan air bersih di Indonesia. Hasilnya, ATB masih menjadi perusahaan terbaik, dengan sistem pengelolaan yang paling efisien," ujar Rapidin saat mengunjungi ATB beberapa waktu lalu.
 
Bahkan Pemkab Samosir berharap bisa menggandeng ATB sebagai pengelola air bersih, sehingga mampu mendorong pertumbuhan kawasan wisata Danau Toba yang telah ditetapkan sebagai kawasan strategis Nasional. (Corporate Secretary ATB)