Adhya Tirta Batam Official Website

ATB Berhasil Capai Hal ini, Untuk Jamin Pelayanan Semakin Baik

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 06-JAN-2020 10:29:03,   Dibaca : 1505 kali
BATAM - Efisiensi dan efektifitas merupakan tuntutan bagi perusahaan  yang menjalankan bisnis belakangan ini. Terutama untuk mengoptimalkan pendapatan atau revenue.
 
Berbagai macam pendekatan manajemen akan diupayakan perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut. Transformasi digital merupakan salah satu bentuk dari strategi bisnis yang bisa menjadi jawaban untuk tuntutan menghadirkan kinerja yang profesional dan efisien.
 
Transformasi digital menjadi sebuah keharusan karena perubahan era adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Di era digital, banyak bisnis yang dituntut untuk berinovasi. Pasalnya, banyak pesaing baru bermunculan di pasar. Perusahaan yang tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi akan menjadi kurang kompetitif.
 
Revolusi industri 4.0 menyebabkan terjadinya berbagai perubahan dalam kehidupan manusia, terutama di dunia bisnis. Kemajuan teknologi membuat wajah industri dunia berubah secara signifikan.
 
"Era revolusi industri 4.0 merupakan fenomena yang mutlak tidak bisa dihindari. Perusahaan harus punya strategi transformasi dan inovasi teknologi untuk menghadapinya. Jangan sampai tergilas dengan perubahan zaman," ujar Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB, saat ditemui di Kantor Pelayanan Pelanggan ATB Sukajadi pada Senin (6/1/2020).
 
Maria mengungkapkan bahwa ATB bukan lagi berada ditahapan berinovasi, tapi sudah menjadi pioneer di bisnis ini. Integrated Operation System yang dikembangkan agar proses pelayanan air bersih bisa lebih profesional dan efisien telah mendapatkan Paten dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada 31 Oktober 2019 lalu dengan nomor Paten IDS000002635.
 
"Tujuan dari teknologi yang baru saja mendapat paten ini adalah untuk membantu meningkatkan kualitas layanan air di Indonesia. Kami harap nantinya bisa diaplikasikan di semua perusahan air minum. Sehingga memiliki kemampuan untuk melakukan kontrol dan monitor terhadap kualitas layanan. Layanan air yang baik itu jadi modal membangun generasi masa depan yang sehat dan cerdas," jelas Maria.
 
Banyak perusahaan yang tidak mempertimbangkan nilai daya saing saat melakukan transformasi digital. Akibatnya, transformasi digital yang seharusnya bisa menambah nilai daya saing bisnis justru menjadi beban anggaran bagi perusahaan. Padahal, anggaran yang dipakai untuk menjalankan transformasi digital dapat dikategorikan sebagai investasi.
 
ATB telah membuktikan sebagai perusahaan yang berhasil melakukan inovasi teknologi untuk menghadapi tantangan zaman dan benar-benar menempatkan sumber daya manusia yang kompeten dibidangnya, mengalokasikan dana untuk investasi pada teknologi terbaru serta melakukan evaluasi secara berkala.

Perusahaan air terbaik di Indonesia ini juga berhasil menciptakan lingkungan inovasi di lingkup kerja internal maupun eksternal perusahaan. Seluruh lini kerja ATB menjalankan aktivitas berbasis teknologi. Hal ini untuk meningkatkan efisiensi kerja dan menjamin pelayanan pelanggan tetap prima.
(Dona Adriani/Corporate Secretary).